Sabtu, 14 Juli 2012

Ritual Mandi Matahari sang Ratu

Balqis tengkurap saat dijemur
Meski telah berusia hampir 4 bulan, saya masih rajin "menjemur" Balqis dibawah sinar matahari pagi, mengingat manfaatnya sangat besar bagi kesehatan Balqis. Kebetulan sinar matahari pagi bisa masuk dengan sempurna ke kamar kami, jadi "ritual" tersebut bisa dilakukan Balqis sambil tiduran dan tanpa pakaian seperti yang disarankan oleh dokter. 
Tingkah Balqis saat dijemur

Sekitar 15 menit Balqis dijemur, tak lupa saya membolak-balikkan tubuhnya, apalagi sekarang Balqis telah mampu tengkurap sendiri dan bertahan dalam posisi tengkurap dalam waktu yang cukup lama, sehingga sinar matahari pagi mampu mengenai tubuh Balqis secara menyeluruh.

Balqis terlentang agar
tubuh bagian depannya
terkena sinar
Karena Balqis terbiasa dijemur tanpa pakaian, tentu saya tak ingin dia masuk angin, maka saya menutup rapat semua jendela di kamar agar suhu di dalam kamar tetap hangat bagi Balqis, yang penting sinar mataharinya masuk dan mampu mengenai tubuh balqis, toh menjemur anak tidak harus di tempat terbuka.

Selama menjemur Balqis, saya dan suami tidak pernah meninggalkannya sendirian, kami selalu menemaninya sembari mengajaknya berbicara, bercanda dan memijit-mijit lembut tubuh Balqis. Selain itu juga saya selalu memutarkan lagu-lagu anak dan musik klasik buat Balqis, biasanya saya memutar lagu yang berjudul Twinkle-Twinkle Little Star, ABCD, Do Re Mi, Black and White. Balqis pun tertawa riang bila mendengar lagu-lagu tersebut, seolah mengerti akan maksud dari lagu tersebut.
Abi menemani Balqis saat dijemur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar